Halaman

Senin, 10 Juni 2013

Tuntunan Cara Berwudhu Menurut Sunnah Rasulullah

Bismillaah...

Dalam surah Al-Maidah ayat 6 artinya : 

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. 

Itulah salah satu surah dalam Al-Qur'an yang memerintahkan umat Islam untuk berwudlu.


Tuntunan Cara Berwudhu Menurut Sunnah Rasulullah, yaitu :


1. Niat dan Basmalah

 Niat berwudlu di dalam hati, tanpa dilafadzkan.

Membaca Bismillaah. Rasulullah bersabda, "Tidak sempurna wudhu seseorang yang tidak membaca basmallah". (HR. Ahmad, hasan.

Namun jika seseorang lupa, maka tidak perlu mengulangi wudhunya.


2. Mencuci Kedua Tangan

Mencuci kedua telapak tangan 3x sebelum memulai wudhu, dan menyela-nyela diantara jari jemari kedua tangan. (HR. Abu Daud, shahih)


3. Berkumur

Berkumur dan menghirup air ke hidung (istinsyaq) dengan telapak tangan kanan,  lalu mengeluarkannya (istinyar) dengan tangan kiri. Dikerjakan hingga 3x dengan 3x cidukan telapak tangan. (HR. Bukhari dan Muslim)


4. MembasuhWajah

Membasuh wajah 3x. Luas wajah dimulai dari telinga kanan hingga telinga kiri,sedang panjangnya adalah mulai dari tumbuhnya rambut kepala hingga ke bawah jenggot dan dagu.


5. Membasuh Tangan

Membasuh tangan kanan 3x, dari ujung jari hingga siku, sambil menggosok-gosokkan lengannya dan menyela-nyela jari. Setelah itu ganti tangan kiri, sebagaimana yang dikerjakan pada tangan kanan.


6. Mengusap Kepala

Mengusap kepala sekali. Caranya, kedua tangan dibasahi dengan air lalu diusapkan ke kepala, dimulai dari bagian depan (awal tumbuhnya rambut) kemudian ditarik ke belakang sampai ke tengkuk, lalu dikembalikan ke tempat permulaan. Setelah itu, kedua jari telunjuk dimasukkan ke dalam telinga, sedangkan kedua ibu jari diusapkan  pada bagian luarnya.


7, Membasuh Kaki

 Membasuh kaki kanan 3x, dari ujung jari hingga mata kaki ; mata kaki ikut terbasuh. Diperintahkan menyela-nyelai antara jari jemari.

Semoga Manfaat ya sobat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar